Tumbuhkan Marwah Mahasiswa Pendidikan Agama Islam, HMPS PAI adakan Khotmil Qur’an Tadarus Online

Selasa (06/12/22) HMPS PAI INISNU Temanggung adakan Khotmil Qur’an Tadarus Online guna meningkatkan unsur spiritualitas dan menumbuhkan marwah mahasiswa. Kegiatan diadakan Via Zoom Meeting dan diikuti mahasiswa dan dosen Program Pendidikan Agama Islam. Khotmil Qur’an ini merupakan agenda bulanan HMPS PAI terkhusus Dep. Internal yang baru kali pertama dilakukan di bulan Desember ini.

Mulanya tadarus dibagi pada tiap kelas dengan bagian yang telah ditentukan oleh pengurus HMPS PAI untuk dibaca mandiri. Kemudian pengurus bekerja sama dengan seluruh ketua kelas prodi PAI untuk mengkoordinir tadarus online ini.

Dea Puji Saputri selaku Ketua HMPS PAI memberikan apresiasi kepada seluruh pengurus dan sedulur PAI yang turut serta menghadiri acara Khotmil Qur’an ini. Dea berharap, kedepannya pembacaan tadarus tak hanya melibatkan anggota kelas tetapi seluruh keluarga besar Prodi PAI.

“Kita sebagai keluarga PAI mempunyai tugas I’laa i Kalimatillah (meluhurkan agama Allah) melalui semua unsur. Salah satu unsur yang harus digali adalah unsur spiritualitas, yaitu dengan mengadakan kegiatan-kegiatan keagamaan”, ungkap Ibu Luluk Ifadah, M. Pd. Selaku Kaprodi PAI INISNU Trmanggung.

Beliau menambahkan bahwa kegiatan ini perlu dilestarikan guna menciptakan habituasi tadarus Al Qur’an dalam diri mahasiswa. Tak hanya berhenti di situ, harapan kedepannya Al Quran mampu diinternalisasikan ke dalam diri mahasiswa sehingga tumbuh rasa memiliki terhadap Al Qur’an. “Ketika semakin banyak peserta , besuk bisa dibentuk kafilah-kafilah sehingga jus yang dibaca bisa semakin banyak”, tambah beliau dalam memberikan masukan terhadap kegiatan tadarus online kedepannya.

Acara Khotmil Qur’an berjalan dengan lancar diawali dengan pembacaan tahlil yang dipimpin oleh A. Maki Muzaki dan dilanjutkan doa khotmil Qur’an oleh A. Zulham Umar. Selain khotmil Qur’an agenda ini juga ditambah sesi penyampaian aspirasi mahasiswa PAI yang pada kesempatan kali ini dipandu oleh Fida Rahma Zanzabila sebagai pendamping forum. Beberapa mahasiswa menyampaikan aspirasinya dan langsung ditanggapi oleh Ibu Luluk Ifadah selaku Kepala Prodi PAI. Acara berjalan lancar hingga akhir sesi dan ditutup dengan sesi dokumentasi.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *